Social Icons

Pages

Saturday, February 23, 2013

Sedikit coretan tentang profesi pustakawan check this out



Profesi pustakawan dimata masyarakat awam memang sering dianggap remeh. Profesi itu sering disebut sebagai pekerjaan yang hanya penunggu atau penjaga buku. Dengan pernyataan itu, seharusnya seorang pustakawan menjelaskan bahwa seorang yang berprofesi seorang yang berprofesi sebagai pustakawan lebih dari itu.
Untuk merubah paradigma yang sudah melekat di hati masyarakat itu pun tidak mudah caranya, diperlukan kerja keras, loyalitas dari pustakawan dan partisipasi serta dukungan dari berbagai pihak yang terkait.
Dalam hal ini pemerinta sudah membentuk undang-undang No. 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan dan PP No. 38 tahun 2007 tentang pembagian urusan pemerintah. Dengan dibentuknya UU peraturan tersebut membuktikan secara tidak langsung bahwa profesi pustakawan itu penting.
Selain itu sebagai seorang pustakawan dituntut untuk menguasai semua aspek dalam profesinya dengan baik dan benar. Seperti kegiatan katalogisasi, klasifikasi dan lain-lain. Cara kita menjelaskan profesi sebaai seorang pustawan kepada kaum awam memang cukup sulit diterima, dalam hal ini kita sebagai pustawan harus mempunyai trik-trik agar mereka dapat menerimanya dengan baik. Misalnya dengan mendekatkan diri ke pada masyarakat tersebut, lalu memberi pendapat/ menjelaskan apa itu sebuah profesi pustakawan. Karena sebuah perpustakaan itu adalah tempat yang menyediakan banyak wawasan jika mereka (pengguna) menggunakan perpustakaa itu dengan baik dan benar. Perpustakaan juga menyediakan koleksi-koleksi dari berbagai sumber. Untuk itu kita harus bangga telah kuliah di jurusan ilmu perpustakaan, dan kita harus meyakinkan kepada masyarakat bahwa profesi sebagai pustakawan itu adalah hal yang mulia dan merupakan luas pengertiannya. 


 BY:
NI’MAH ROMADHIANA/11140072/C


2 comments:

  1. ni'mah, sedikit koreksi, Ilmu Budaya Lokal? ini tugas IDKS kn? dan lagi IBL itu islam dan budaya lokal

    ReplyDelete
  2. wah iya, rupanya saya salah ketik. makasih atas infonya :D

    ReplyDelete

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

 

Sample text

Sample Text

Sample Text